My Daily Mask ; Masker Susu, Madu dan Yogurt


Assalamu'alaykum Cantikians,

Setelah aku menulis tentang Day Skincare Routine dan Night Skincare Routine Updated, rasanya tak lengkap jika aku tidak menulis tentang Daily Mask dan Weekly Mask. Karena itu juga termasuk ke dalam rangkaian perawatan wajahku yang tak bisa dilepaskan. Kali ini yang mau aku share adalah My Daily Mask. 





Serius maskeran tiap hari ? iya tiap hari aku maskeran habis aku suka banget maskeran, minimal sekali sehari dan itu biasanya aku lakukan di pagi hari sambil beres-beres rumah dan sebagainya, maklum dirumah tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga jadi semua pekerjaan rumah dilakukan bersama-sama dengan sang suami. Alhamdulillah semuanya masih bisa dilakukan bersama, aku dan suami saling bantu membantu dalam hal pekerjaan rumah dan itu menyenangkan rasanya. Trus kenapa gak maskerannya di malam hari aja ? bukannya lebih santai dan bisa sambil tiduran yah kalau maskerannya tiap malam. Emm, kalau malam aku suka malas, baru nyampe rumah udah larut malam, cape, ngantuk, pengennya cepet-cepet leyeh-leyeh dikasur, dan akhirnya gak sempet banget maskeran makanya pagi hari adalah waktu terbaik untukku bisa maskeran. Dan orang-orang dirumah juga sudah biasa melihat wajahku yang dilumuri masker sambil ngerjain pekerjaan rumah, jadi udah gak ada yang kaget dikira hantu lagi hahaha.

Menurutku sendiri maskeran itu penting banget dilakukan setiap hari karena manfaatnya banyak sekali untuk kecantikan kulit diantaranya bisa mencerahkan kulit wajah, melembutkan juga menghaluskan kulit, kulit wajah juga senantiasa ternutrisi dengan kandungan baik yang terdapat di dalam masker itu sendiri. Dibanding dengan skincare yang bentuknya krim-kriman, masker memberikan efek secara instan yang dapat dilihat saat itu juga pada kulit. Efek jangka panjangnya juga sangat bagus, kulit senantiasa sehat terawat dengan penggunaan masker secara rutin.

Lalu bolehkah maskeran tiap hari ? Tentu, boleh-boleh saja. Asalkan kita harus selektif terhadap bahan-bahan atau masker apa saja yang bisa digunakan tiap hari. Tidak semua Face Mask dapat digunakan setiap hari lho apalagi yang instan sudah langsung jadi. Jadi kalau mau maskeran tiap hari kenali bahan-bahan masker tersebut dan perhatikan aturan pemakaiannya apakah bisa digunakan tiap hari atau hanya boleh digunakan beberapa hari sekali saja. Biasanya yang bisa digunakan tiap hari adalah masker wajah yang sifatnya melembapkan dan tidak ada kandungan scrub di dalamnya. Dan yang hanya boleh digunakan seminggu sekali atau seminggu dua atau tiga kali biasanya mengandung scrub atau yang mampu membersihkan dan mengangkat kotoran-kotoran di wajah. Kalau digunakan tiap hari jelas itu bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Salah satu masker yang bisa digunakan tiap hari adalah Masker Kefir. Yups, kalau kalian sering baca blogku sebelum-sebelumnya tentunya kalian bakal tahu kalau aku termasuk pecinta Masker Kefir dari Dapur Kefir. Tiap hari aku suka maskeran pake Kefir Mask Dapur Kefir. Kefir Mask nolong kulitku banget saat lagi breakout parah gara-gara gak cocok skincare klinik. Tapi beberapa bulan ini aku lagi hentikan penggunaan masker kefir untuk maskeran tiap hari. Alasannya karena emang lagi bosan trus aku pernah dikasih tahu sama seorang teman yang juga seorang Skincare Enthusiast bahwa penggunaan kefir setiap hari dalam jangka waktu yang lama itu tidak baik. Karena kefir memiliki sifat mendetox kulit dari kotoran-kotoran dan zat-zat kimia, sehingga jika digunakan dalam jangka panjang akan terus mengikis kulit dan kulit akan menjadi tipis sehingga rentan menjadi sensitif, mudah terkena flek dan noda-noda hitam. Kalau aku fikir-fikir sih sepertinya benar juga dan mungkin kasusnya di sebagian orang kulit malah jadi kering karena di detox terus menerus. Tapi bukan berarti Kefir Mask itu gak bagus, Kefir Mask itu sangat bagus terutama untuk mendetox kulit yang sebelumnya pernah terkontaminasi zat-zat kimia berbahaya atau bagi kalian yang pengen bener-bener putus dari ketergantungan krim-krim dokter. Zat berbahaya, kotoran kok ditimbun ya harus dibuang donk, caranya bisa dengan Kefir Mask. Tapi sebaiknya jika sudah 1 - 2 bulan digunakan sampai habis secara rutin, lebih baik dikasih jeda dulu selama beberapa bulan sama sekali gak pakai, baru kalian bisa pakai lagi tuh Kefir Mask.





Sebagai pengganti Kefir Mask sudah 1,5 bulan ini aku menggunakan bahan-bahan masker yang ada dirumah sebagai Daily Mask. Bahan-bahan ini juga mudah sekali kalian dapatkan baik itu di minimarket, supermarket ataupun toko-toko kecil. Aku memilih bahan-bahan yang selain bisa aku pakai masker tapi juga aku konsumsi tiap hari. Taraa, aku lagi rajin maskeran pakai Susu, Madu dan Yogurt. Berikut penjelasannya.


Susu


Susu itu banyak sekali manfaatnya untuk kulit, diantaranya bisa mencerahkan kulit, menghaluskan dan melembutkan kulit, memutihkan kulit secara alami, menyegarkan kulit dan banyak manfaat baik lainnya untuk kulit. Untuk masker wajah aku selalu gunakan susu bubuk putih Dancow, yang paling bagus Dancow Full Cream. Pastinya kalian udah pada tahu kan kalau susu bubuk Dancow ini banyak sekali yang menggunakannya sebagai masker wajah. Kalau gak percaya bisa search di Google ataupun You Tube. Sebenernya aku suka pakai masker wajah susu Dancow ini dari dulu lho kayaknya jaman-jaman SMA gitu walaupun gak rutin. Jujur aku pakai susu bubuk Dancow ini hasil eksperimen sendiri, sama sekali gak dapat ilmu dari Google ataupun You Tube hahaha. Makanya agak kaget juga pas lihat di internet ternyata benar kalau susu bubuk Dancow ini bagus untuk dijadikan masker wajah hahaha. Yang aku rasakan manfaat dari masker susu ini kulitku jadi cerah, terlihat halus, lembut, segar, minyak di wajah berkurang banget, pori-pori wajah juga jadi lebih sopan kalau habis maskeran, kulit wajah jadi kenyal-kenyal, enak banget dipegangnya, jerawat juga jadi berkurang. Ah syuka banget deh sama masker susu Dancow hahaha.


Madu


Bahan kedua yang aku gunakan sebagai masker harianku adalah madu. Tentunya kalian pasti tahu kan kalau madu itu bagus banget untuk kulit. Madu bisa melembabkan kulit wajah, memutihkan kulit secara alami, menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat, membersihkan kulit wajah, anti aging juga bisa mengecilkan pori-pori wajah. Merk Madu yang sering aku gunakan biasanya bermacam-macam sih, apa aja yang ada dirumah. Aku pernah pakai dari merk Madurasa tapi yang Original, aku pakai Madurasa soalnya selain harganya murah juga mudah banget didapatkannya. Madurasa Original sih lumayan bagus efeknya dikulit, tapi teksturnya lengket dan kental jadi kalau dipakai single use agak susah ngeratain ke wajahnya. Aku juga pernah pakai Madu Nusantara, harganya 1 botol emang lumayan mahal sekitar 50 ribuan gitu. Katanya sih madu asli tapi ada campuran bahan lain yaitu Bee Polen dan Royal Jelly. Kalau dari tekstur aku lebih suka Madu Nusantara, lebih mirip Jelly jadinya lebih mudah diaplikasikan ke wajah kalau dipakai single use, gak terlalu lengket juga, enak juga rasanya hahaha. Selain itu Madu Nusantara juga cepet meresap ke dalam kulit. Kalau sekarang sih aku lagi pake Madurasa Murni, claimnya madu murni pilihan dengan aroma dan rasa yang khas Madurasa, harganya emang lebih mahal dibanding Madurasa Original beda sekitar 5 ribuan tapi lebih enak Madurasa Murni sih dan lebih bagus juga menurutku. Selain Madurasa dan Madu Nusantara, bisa juga cobain Madu TJ katanya bagus juga. Saran aku sih sebaiknya cari yang madu asli yah walaupun harganya pasti lebih mahal kan. Yang aku rasakan selama aku rutin maskeran pakai madu adalah kulit jadi lembap, halus, cerah, minyaknya berkurang banget, kulit jadi balance, pori-pori wajah mengecil, ah pokonya laff banget deh sama hasilnya.


Yogurt


Aku pakai Yogurt sebagai masker wajahku karena kulitku berjerawat dan konon Yogurt bisa bantu mengatasi jerawat dikulit wajah. Yogurt mengandung multi vitamin, asam laktat dan seng (zinc) yang bagus untuk kecantikan kulit. Manfaat dari masker Yogurt sendiri yaitu bisa mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi garis-garis halus, mengencangkan kulit, melembapkan kulit dan mencerahkan kulit wajah. Biasanya aku pakai Yogurt yang dikemas di dalam Cup bukan Botol. Aku pakai Plain Yogurt yang tanpa rasa, teksturnya juga yang kental bukan yang cair, karena kalau yang cair bakalan susah diratain ke wajahnya. Aku pernah pakai dari merknya BMC, dulu nitip ke temen yang kerjanya di BMC, beli yang ukuran 1 liter harganya 40 ribuan kalau gak salah. Tapi karena aku fikir kebanyakan kalau beli yang 1 liter, bisa habis berbulan-bulan padahal masa kadaluarsanya cukup sebentar akhirnya aku beli Yogurt ukuran Cup kecil di supermarket. Merknya bisa Yummy Yogurt, Bio Kul atau apa saja yang tersedia di supermarket saat itu asalkan Plain Yogurt dan kemasan cup yang teksturnya kental. Aku pilih yang cup kecil harganya sekitar 7 - 9 ribuan gitu. Soalnya kan sayang kalau mau beli yang besar, cuma buat wajah aja kok. Aku suka banget pake masker Yogurt soalnya kulit jadi cerah, lembap, halus, dan sepertinya memang ngefek banget buat jerawat-jerawat dikulit wajahku. Yess jerawatnya berkurang banget Alhamdulillah.


Untuk cara pakainya sendiri sih pertama aku cuci wajahku dulu sampai bersih. Lalu aku campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam mangkuk kecil. Untuk takarannya sendiri sih bebas-bebas aja, biasanya masing-masing bahan aku ambil 1 sendok teh saja. Lalu aku campurkan ketiga bahan tersebut, tanpa aku beri tambahan air putih karena dengan sendirinya susu bubuk akan larut oleh yogurt, aku oleskan ke seluruh wajah dan leherku. Aku biarkan mengering sampai kurang lebih 30 - 40 menitan, kemudian bilas dengan air dingin yang bersih. Aku biasanya maskeran sebelum mandi pagi, jadi saat mandi biasanya aku cuci muka lagi dengan facial wash.

Kalau gak lengkap bahan-bahannya gimana ?. Ya sudah aku pakai seadanya di rumah. Untuk membuat masker susu Dancow, biasanya aku ambil 1 - 2 sendok susu Dancow, kemudian taruh di mangkuk kecil dan dicampur dengan air bersih secukupnya aja, aduk sampai mengental, trus dioleskan ke wajah, tunggu sampai mengering kemudian bilas dengan air dingin bersih. Kalau untuk madu dan yogurt sih gak pernah dicampur air lagi, langsung oles aja ke wajah, kalau sudah meresap ke dalam kulit kurang lebih 30 menitan baru dibilas oleh air dingin.


So man teman itu dia ketiga bahan yang sering aku gunakan sebagai Daily Mask aku. Menjadi cantik itu gak perlu ribet-ribet, cukup dengan bahan-bahan yang tersedia dirumah aja, lumayan bisa menghemat uang kan hehehe.

Semoga bermanfaat yah.











Comments

  1. Replies
    1. Boleh kok sis @agy ivenas. Dipakai pagi dan malam hari. Karna masker ini sifatnya gak mendetox dan ngescrub kulit jadi bisa dipakai sehari 2 kali juga

      Delete
  2. Aq jga pke awalnya bagus... Trs semingguan ini aq cba campur pke mnyaknya natur E hasilnya kk diwajah deket area hidung jdi sperti kulit jeruk yaa padahal sis katay natur e bagus utk wajah jdi nyesel pke campuran natur e... Jdi skrg kembali lgi susu ama madu mudah2 an bsa kembali lgi 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sis namanya skincare mungkin cocok2n ya hehe. Mungkin natur E bagus dan cocok dikulit orang lain. Atau mungkin kapsulnya natur E gak cocok dikombinasikan dengan susu dan madu

      Delete
  3. aku mukanya lagi jerawatan dan bruntusan bgt, pake ini beneran ampuh ga ya? aku cuma ada yogurt sm madunya doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bantu jawab ya kak, setau aku sih mempan banget tuk membasmi tuntas jerawat dan bruntusan. Soalnya aku sudah sering mengaplikasikan ke wajahku. Iya gpp, pake kedua bahan itu aja yogurt dan madu. Klo mau pake yogurtnya doang jg boleh2 saja karna dulu aku pertama kali nyobain masker yogurt, murni yogurt aja tanpa campuran apapun. Kalo skrg aku msh tetep rutin pake masker yogurt madu dan perasan lemon hehe

      Delete
  4. Kalo masker kefir bubuk dicampur yogurt boleh ga ya ?? Wajahku berjerawat

    ReplyDelete
  5. Kak dipakai setiap hari boleh gk see

    ReplyDelete

Post a Comment