TAMAN BUNGA NUSANTARA

TAMAN BUNGA NUSANTARA

Assalamualaykum semuanya.

Sudah punya rencana liburan kemana di akhir tahun ini atau awal tahun nanti?? Kalau masih bingung nich aku kasih rekomendasi tempat liburan yang asyik buat kalian semua. Asyik buat foto-foto, suasananya nyaman, udaranya sejuk, dan tempatnya bagus banget.

Ceritanya tanggal 11 Desember 2016 lalu aku dan Abi berencana buat nengokin dede bayinya kakak sepupu di Cipanas, Cianjur. Sebenernya lahirannya udah dari 3 bulanan yang lalu tapi karena lagi musim hujan jadinya kita menunda-nunda terus buat kesana.

Sebenernya ke rumah kaka sepupu di Cipanas, Cianjur tuh udah lumayan sering, tapi kita gak pernah menjelajah daerah Cipanas. Soalnya kalau udah ketemu keluarga dan saudara jadi banyak cerita-cerita maklum kangen banget gak tiap hari ketemu, jadinya selalu mentok diem dirumah apalagi kalau kesana bareng dengan mamah, bapak dan adik-adik.

Kebetulan banget waktu itu hanya kita berdua aja yang mau kesana, mamah dan yang lainnya gak pada ikut soalnya lagi kurang sehat kondisinya. Sebenernya kita juga minggu sebelumnya udah liburan ke Pangandaran sich, tapi waktu itu momentnya pas long weekend jadinya pas banget buat kesana.

Aku kefikiran kenapa gak sekalian liburan aja yah mumpung berdua jadi bisa kemana-mana. Trus kata sepupuku didaerah Cipanas memang banyak juga tempat wisatanya. Okeh fixed pokonya harus liburan hehe.

Kita berangkat Minggu pagi sekitar jam setengah tujuh menggunakan sepeda motor. Perjalanan terbilang cukup lancar hanya saja Abi ngendarai motornya santai banget jadi lebih lama diperjalanan soalnya kita bawa oleh-oleh cukup banyak buat keluarga disana.

Di jalan Rajamandala sekitar jam setengah 9 pagi perutku udah nagih minta diisi dan pas banget berhenti di tempat jualan bubur Cianjur. Wih mantap dan enak banget, pengennya nambah tapi malu ah, masa cewe makannya rakus amat hahaha.

Kita sampai dirumah kakak sepupu sekitar jam 10 pagi. Langsung kangen-kangenan dengan saudara disana. Rencananya kita mau cepet-cepetan pergi ke tempat wisata. Tapi yah disuguhi makan sama ikan mujaer asli Cipanas yang rasanya gurih dan nikmat banget jadinya gak mungkin ditolak hehehe. Habis makan kita istirahat sebentar sambil nunggu Dzuhur.

Trus kita tanya-tanya ke saudaraku, enaknya wisata kemana ya yang bagus trus jalannya kemana. Mereka merekomendasikan beberapa tempat yaitu Taman Bunga Nusantara, Kota Bunga, Kebun Raya Cibodas sama Green Apple Garden. Nah setelah searching aku tuh jadi tertarik banget pengen ke Taman Bunga Nusantara, lokasinya juga gak begitu jauh kok dengan rumah kakak sepupuku yang didaerah Pacet sekitar setengah jam saja untuk menuju kesana.

Kitapun berangkat jam 2 siang mengikuti petunjuk jalan yang diinstruksikan oleh saudaraku. Kita melewati jalan yang dipinggir-pinggirnya menjual tanaman hias, kalau di Bandung seperti Cihideung, Lembang. Mungkin ini jalan alternatifnya kali ya. Wih ternyata banyak banget kendaraan yang mau menuju ke Taman Bunga Nusantara, kita ngikutin aja mereka. Sempet terjadi kemacetan yang panjang karena sebelum menuju Jalan Mariwati kondisi jalannya kecil susah buat selip-selipan. Banyak kendaraan yang menuju ke Taman Bunga Nusantara maupun yang sudah dari sana.

Perjalanan yang seharusnya ditempuh setengah jam, kita tempuh selama 1 jam. Begitu lihat jalan yang luas trus di sebelah kiri kita lihat area parkiran yang luas banget, kita yakin disinilah tempatnya, Alhamdulillah sudah sampai.

Rupanya untuk masuk ke area parkirpun harus antri panjang, yah maklumlah long long weekend hehe.

TAMAN BUNGA NUSANTARA

AREA PARKIRAN PUN PENUH BUNGA BUNGA 

Taman Bunga Nusantara merupakan asset nasional dengan skala internasional. Luas keseluruhannya 35 hektar dilengkapi dengan areal bermain keluarga alam imajinasi 7 hektar dan villa Wisma Saung Nini dan Gedung Serbaguna Saung Aki seluas 5 hektar. Wow banget ya. Lokasinya terletak di Jl. Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Banyak orang yang mengira kalau Taman Bunga Nusantara ini termasuk ke dalam Kabupaten Bogor, padahal ini ada di Cianjur yah pemirsa hehehe.

WELCOME TO TAMAN BUNGA NUSANTARA CIPANAS

Menuju ke loket tiket masuk rupanya masih dengan antrian panjang juga. Diloket tertera harga :
Rp. 30.000,- untuk tiket masuk
Rp. 40.000,- sampai Rp. 50.000,- untuk tiket masuk + naik Dotto Train / Garden Tram
Dan buat naik wara wiri cukup bayar Rp. 5.000,-

Sebenernya waktu itu kita tertarik pengen naik Dotto Train / Garden Tram, tapi berhubung kata petugas penjual tiket adanya jam 4 sore akhirnya kita beli tiket masuk aja deh.

BUNGA BUNGA DI PINTU MASUK
Di pintu masuk sudah ada bunga-bunga yang indah bergelantungan, uhh indahnya.

MasyaAllah betapa takjubnya hatiku dan merasa bersyukur banget bisa datang ke tempat sebagus dan seindah ini. Tamannya sangat sangat luas, bahkan seolah tak berujung. Keindahan bisa kita temukan disemua sudut, semuanya sangat indah.

Sayangnya cuaca lagi gak bersahabat, mendung dan gerimis romantis. Tapi walau begitu tetep ambil foto-foto soalnya gak nahan bagus banget tempatnya. Hingga hujanpun turun dengan derasnya memaksa kita untuk berteduh karena gak mungkin lagi untuk menjelajah Taman Bunga Nusantara.

Ada sedikit kecewa dan sedih dalam hatiku, udah jauh-jauh datang kesini, baru aja sekitar 10 menitan sampai dan menikmati alam harus disuguhi hujan yang sangat deras. Coba aja kalau kesininya pagi-pagi heuheu, mana gak bawa payung.

Alhamdulilah, setelah setengah jam hujan deras berlalu kitapun bisa melanjutkan menjelajah Taman yang indah ini. Walaupun jalanan becek, cuaca masih mendung, dan masih gerimis kita bersemangat buat jalan-jalan. Alhamdulillah kita bawa jaket kalau gak bisa bayah kuyup baju kita hihi.

Oh iya waktu beli tiket kita juga dikasih brosurnya, jadi kita bisa lihat di brosur peta taman-taman yang ada di Taman Bunga Nusantara ini.

Di Taman Bunga Nusantara ini banyak banget taman-tamannya, diantaranya :


1.       Topiari Merak

TOPIARI MERAK
DISPLAY KARPET DI TOPIARI MERAK

TOPIARI MERAK...MUKA LELAH HAHAHA
Meraknya besar banget ya, konon katanya merupakan topiari terbesar yang ada di Taman Bunga Nusantara wow. Display karpet yang ada disini juga selalu berubah setiap 2 atau 3 bulan sekali wow banget ya.

2.       Taman Air

TAMAN AIR

Beragam tanaman air seperti lotus, teratai air, dll ditampilkan ditaman ini. Keren ya danaunya hehe


3.       Display Karpet Bunga

DISPLAY KARPET BUNGA
Kerennya mirip karpet beneran hahaha


4.       Jam Tangan

JAM TANGAN
Susunan bunganya memang seperti jam, indahnya


5.       Taman Jerapah

TAMAN JERAPAH

6.       Taman Dinosaurus

TAMAN DINOSAURUS

7.       Danau Angsa

VIEW SEBELUM KE DANAU ANGSA

DANAU ANGSA
Nah waktu hujan deras kita berteduh disini dan kita disuguhi pemandangan romantis saat hujan deras. Angsa-angsa keluar dan menari-nari di tengah danau. Sayangnya gak aku foto soalnya waktu itu disini berdesak-desakan banyak orang yang ikut neduh.

8.       Taman Kelinci

TAMAN KELINCI

9.       Taman Perancis
TAMAN PERANCIS


VIEW TAMAN PERANCIS YANG DIAMBIL DI DEPAN MUSHOLA
Menurutku Taman Perancis ini adalah salah satu taman terindah yang ada disini. Air mancurnya menyejukan, tempatnya keren, penataan tamannya bagus banget.


10.   Menara Pandang

MENARA PANDANGNYA JAUH YA HEHE
Aku foto menara pandangnya dari kejauhan diambil waktu ada di Taman Perancis. Dimenara pandang ini kita bisa melihat keindahan taman dari ketinggian.


11.   Taman Labyrinth
TAMAN LABYRINTH
Taman Labyrinth atau taman rahasia memang sedang sangat popular belakangan ini. Coba bayangkan betapa rumitnya jalan yang ada di taman labyrinth ini. Kalau kalian bisa memecahkan misteri jalan tak berujung seluas 1 hektar ini maka kalian akan menemukan keindahan panorama ditengah taman ini. Sayangnya karena cuaca hujan dan sudah sore jadinya kita hanya bisa melihat taman ini dari menara pandang saja.


12.   Taman Bali
TAMAN BALI

Bali Bali Bali, kita ada di Bali. Berasa ada di Bali beneran apalagi kalau lihat Gapuranya. Yang mau foto disini antri banget soalnya bagus banget kan kaya di Bali beneran hehe


13.   Taman Amerika

TAMAN AMERICA

TAMAN AMERICA

TAMAN AMERICA
Waktu menuju ke taman ini cara bicara kita jadi agak-agak kaya bule gituh hahahaha. Konon katanya Taman ini merupakan replica taman yang ada di pedesaan Amerika


14.   Taman Jepang

PINTU DI TAMAN JEPANG

TAMAN JEPANG
TAMAN JEPANG
MAAFKAN KITA EKSIS TERUS HAHA

Taman ini menjadi taman yang spesial disini. Soalnya taman ini gak bersatu dengan taman lain, dibuat satu kawasan terpisah. Begitu kesini disambut dengan pintu kayu ala-ala negri Sakura. Ciri khas Jepangnya kerasa dengan kolam, pagoda dan tanaman yang dipola rapih. Sayangnya gak ada bunga sakura disini hehe. Taman ini termasuk taman yang terindah juga yang ada disini.


15.   Rumah Kaca

JALAN MENUJU KE RUMAH KACA, KAYA DI ISTANA PRESIDEN YA

DIDEPAN PINTU MASUK RUMAH KACA
Di luar rumah kaca kaya diistana Presiden aja yah keren.
Dirumah kaca ini kalian akan menemukan keindahan taman tropis seluas 2.000 m². Untuk masuk kerumah kaca ini kalian harus membayar tiket kalau gak salah sih 2 ribuan gitu. Tapi sayangnya begitu aku sampai disini loketnya sudah tutup soalnya udah sore banget hampir jam setengah 6 hahaha.


Oh iya aku juga mengunjungi Air Mancur Musikal, itu tuh keren banget air mancurnya.

Selain taman-taman yang aku kunjungi diatas ada juga lho taman-taman lain yang belum berhasil aku kunjungi soalnya udah sore banget dan hujan masih saja belum berhenti seperti Taman Mediterania, Taman Palem, Dahlia Corner, dll. Kalian yang mau piknik juga disediakan lokasi piknik, tapi karena hujan jadi gak ada yang piknik hehe. Selain itu ada juga alam imajinasi sebagai wahana bermain keluarga, ada villa dan gedung buat disewakan untuk acara-acara juga lho.

Oh iya bagi kalian yang gak bawa bekal makanan di Taman Bunga Nusantara juga banyak kok restaurannya kaya Restoran Albustan, Marigold Café & Hana Resto dan juga food stall di jalan-jalan di taman.

Didepan taman perancis juga ada mushola kecil, jadi selama jalan-jalan tetep jangan lupa sholat ya.

Kalau kalian pengen jalan-jalan keliling taman yang begitu luasnya tapi gak mau cape jalan kaki, disana tersedia kendaraan seperti wara wiri, dotto train dan juga garden tram.

GARDEN TRAM

DOTTO TRAIN


Pokonya seru banget bisa liburan di Taman Bunga Nusantara. Next pengen kesana lagi, kalau ada rezeki suami pengen banget honeymoon di villa saung nininya, mudah-mudahan ya Amin.

Kalau kalian berencana kesana sebaiknya ambil waktu pagi atau siang hari. Jangan sore-sore ya takut hujan. Trus selalu sedia payung kalau kesana, karena katanya daerah Cipanas tinggi curah hujannya. Payung juga selain bisa melindungi dari hujan, bisa melindungi dari sinar matahari dan biar lebih gaya kalau difoto hehe. Bawa topi juga ya, yang lucu tapi ya hahaha dan jangan lupa ajak keluarga biar bisa piknik rame-rame.

THANK YOU













Comments